Minggu, 17 Januari 2021

GAYA APUNG

 HUKUM  ARCHIMEDES

 
Pada materi Tekanan sebelumnya telah kalian pelajari Tekanan Hidrostatis, yaitu tekanan yang diakibatkan oleh zat cair, dimana tekanan paling besar oleh berat zat cair tersebut dialami oleh bagian dasar atau alas tabung (perhatikan gambar gelas di atas).

Andaikan terdapat ikan yang berrenang di dalam zat cair pada tabung tersebut, maka ikan itupun akan mengalami tekanan, yang besarnya tergantung posisi ikan, yaitu di dasar, di tengah, atau di dekat permukaan.

Dan apabila sisi tabung dekat alas diberi lubang, maka dari bagian itu, terpancar air paling besar tekanannya

Bagaimana kalau yang dimasukkan ke tabung itu sepotong benda kecil yang tidak dapat berrenang?

Maka akan ada 3 kemungkinan: benda akan tenggelam, melayang, atau mengapung.

OK ? Pengantarnya sampai di sini. Coba dibaca dan diresapi lagi, sebelum masuk ke pokok pelajaran.

 

Yuk, kita mulai lagi !

Kita awali dulu dengan massa jenis benda.

Massa jenis air adalah 1 g/cm3  atau 1000 kg/m3

Massa jenis sepotong benda A adalah 4,2 g/cm3

Massa jenis sepotong benda B adalah 1,07 g/cm3

Massa jenis sepotong benda C adalah 0, 6 g/cm3

 Seandainya tabung di atas berisi air dan ke 3 potong benda A, B, C dimasukkan ke tabung air tersebut, bagaimana posisi benda2 itu ? siapa yang tenggelam dan siapa yang mengapung?

Yang pasti ke 3 benda mendapat gaya ke atas (gaya apung) oleh air. Penjelasannya :

Yes, gaya apung itulah yang ditentukan perhitungannya oleh Archimedes.

Untuk menghitung besarnya gaya apung, kalian harus ingat dulu konsep massa jenis dan konsep Gaya berat.

Ingat,

            Massa jenis = massa benda / volume benda

sebagai contoh, massa jenis air adalah 1 g/cm3 atau 1000 kg/m3

---  Maka, massa = ρ x V

             Gaya berat = massa benda x gravitasi                           

OK ? Yuk, kita mulai merumuskan…

            Gaya Apung = Berat air tumpah

                   F apung = W air tumpah

                                = m . g

                                = ρ x V x g   (Newton).  Ingat: vol air yang tumpah = vol benda.      

  

Pasti sekarang kalian menjadi lebih paham kenapa air dan minyak bila berada pada satu tempat, minyak akan selalu berada di atas.


 OK guys, sekarang kalian sudah bisa menentukan posisi benda A, B, C yang dimasukkan ke tabung air ?


Bila pada bangun ke dua, terjadi bocor dan air mengisi rongga, maka benda itupun akan tenggelam.

Kalau kalian sudah memahami, silakan dipelajari bagaimana penerapan hokum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari. Kalian juga bisa membaca riwayat Archimedes, bagaimana dia memecahkan persoalan yang diberikan sang raja.

Oo ya… maaf… bukannya mau menambah kalian makin bingung, tapi cobalah berusaha pikirkan kenapa balon udara bisa terbang mengangkasa…? Apakah hukum Archimedes juga berlaku untuk gas (udara)?

 Selamat dan terima kasih sudah belajar.

Salam sehat, dan tunggu soal2nya ya ? supaya kalian enggak lupa materi ini…

Kamis, 14 Januari 2021

PERBANDINGAN SMP 7

 Coba ambil dua potong lilin, potong satu lilin setengahnya, kemudian tegakkan dua lilin tersebut di atas lantai berjajar di depan sebidang dinding. Sorot ke dua lilin dengan lampu yang ditaruh di atas lantai juga. Usahakan jarak lampu dengan ke dua lilin tersebut sama, kemudian perhatikan bayangan yang terbentuk di dinding.

Bagaimana menurutmu? Lilin yang pendek akan membentuk bayangan yang pendek pula dibandingkan dengan bayangan lilin yang panjang. OK? yuk kita mulai belajar Perbandingan.

Kalau 1 liter bensin bisa dipakai menjalankan motor sejauh 30 km, maka apabila motor itu diisi bensin 2 liter, jarak yang bisa ditempuh motor adalah ......?

Menghitungnya seperti ini:  1 : 2 = 30 :  ....         
a1 : a2 = b1 : b2     
atau   

 

Coba gunakan perkalian silang, maka hasilnya adalah ...... = 60 km.

Grafiknya

Yang kalian pelajari di atas adalah PERBANDINGAN SENILAI.

Model perbandingan yang lain adalah PERBANDINGAN BERBALIK NILAI.
Yuk kita mulai lagi untuk yang ini !

Misalkan 4 ekor sapi di suatu kandang mampu menghabiskan sebongkok rumput pakan dalam 2 hari, bagaimana kalau setelah pakan tersebut habis, diberikan lagi sebongkok rumput pakan baru yang sama tetapi jumlah sapi sekarang ditambah 4 lagi, yaitu menjadi 8 ekor? dalam berapa hari pakan tersebut habis?

 4 : 8 = 2 : …… ( 4 hari atau sehari ….. ?... )

 Lagi …..

Suatu pekerjaan bias diselesaikan 4 orang dalam 10 hari. Kalau pada hari yang lain untuk pekerjaan yang sama, cuma 2 orang yang mengerjakan, berapa hari pekerjaan akan selesai ?

 4 : 2 = 10 : ……..  ( 5 hari atau 20 hari …?..)

 Untuk pakan sapi, 

maka penyelesaiannya adalah ….. 1 hari

 Untuk lama pekerjaan :

jawabnya adalah …. 20 hari


 perhatikan: perbandingannya terbalik !

Contoh grafik:


Suatu kendaraan dengan kecepatan 30 km/jam, waktu tempuhnya adakah 2 jam, maka dengan kecepatan 20 km/jam waktu tempuh menjadi lebih lama yaitu 3 jam

BUAT SISWA KELAS 7, jumat malam 15/01/2021,

SOAL:

1.      Motor Sony mampu menempuh jarak 40 km dengan 1 liter bensin. Dia akan pergi ke rumah temannya sejauh 48 km. Sebelum pergi, Sony memeriksa isi tangki dan diperkirakan masih ada bensin 2,5 liter.. Mungkinkah Sony pulang ke rumah setelah dari rumah  temannya tanpa mengisi bensin lagi? Hitung, kemudian jelaskan !
2.      Suatu proyek diperhitungkan akan selesai dalam waktu 50 hari dengan 20 pekerja. Setelah proyek berjalan 10 hari, ada pertimbangan musim hujan akan segera tiba dan proyek harus selesai dalam 25 hari ke depan. Maka berapa pekerja lagi harus ditambahkan supaya proyek selesai tepat waktu?
3.      Coba uji lagi kemampuanmu di soal no 4 halaman 47 buku paket.

 Dijawab dan dikerjakan ya?

Kamu boleh komen kesulitamu di kolom komentar. Tapi jawabanmu tetap dikerjakan dan diserahkan lewat japri seperti biasanya.

OK, ditunggu. Salam sehat selalu.

 

 

 


Rabu, 13 Januari 2021

KENAPA PERKALIAN DUA BILANGAN BULAT NEGATIF MENGHASILKAN BILANGAN POSITIF?

 Kalau perkalian pada umumnya tentu kalian telah paham. Dan jika perkalian dua bilangan itu berbeda tandapun, kalian tentu juga sudah paham hasilnya. Tetapi tahukah kalian kenapa jika yang dikalikan itu dua bilangan negative, kok hasilnya bilangan posisitf ….. ? 

·       5 x 3 = ...... Itu bisa diibaratkan, kita menabung Rp 5,- per hari dan akan                             terkumpul berapa setelah 3 hari.?

·       -5 x 3 = ..... Bisa diartikan kita berhutang Rp 5,- setiap hari selama 3 hari.

·       Kalau 5 x -3 = ..... ?

·       Atau  -5 x -3 = ...... ?

 

Ingin tau  …..?... (atau banget ....?).

Ayo kita baca uraian berikut.

 

             a x b = .......

 

Kita harus berdiri di garis bilangan pada titik 0.

1.   Apabila  a = bilangan positif, maka kita harus menghadap ke kanan, dan  sebaliknya apabila a = bilangan negative maka kita berdiri dititik 0 dengan menghadap ke kiri.

2.   Kalo b = bilangan positif maka kita harus maju, dan sebaliknya jika b = bilangan negative makalangkahatau lompatan kita harus mundur.

 

Ayo dicoba !

5 x -3 = …..

Hal ini bisa diibaratkan seseorang menghadap ke kanan, mempunyai jangkauan sekali melompat-mundur sebanyak 3 poin, dan lompatan dilakukan sebanyak 5 kali.

Nah, sekarang tahu kan hasilnya, berapa 5 x -3 = ?



Coba terapkan cara di atas untuk perkalian negatif dengan negatif. Bagaimana hasilnya ?


Kalau masih bingung juga, silakan dipelajari yang berikut ini:

·       Setiap perkalian bilangan bulat dengan 0, hasilnya adalah 0.atau a x 0 = 0

Text Box: INFO  RINGAN


·       Setiap bilangan bulat mempunyai invers.(lawan tanda)

     2 punya invers -2

     -3 punya invers 3

     4 punya invers -4


·       Hukum distributive perkalian: adalah a x (b + c) = (a x b) + (a x c).

 

Yuk kita coba.

Ambil sembarang bilangan bulat negative, misalnya -3, pasang sebagai a.

Ambil satu penjumlahan pasangan invers, misanya (5 + (-5)), pasang sebagai (b + c).

 

Lakukan perkalian a x (b + c)    …………= 0, ingat a x 0 = 0 karena

                                                                           (b + c) merupakan jumlah pasangan invers.

                                         (a x b) + (a x c) = 0, ingat sifat distributif perkalian

                                    (-3 x 5) + (-3 x -5)= 0

                                           -15 + (-3 x -5) = 0  

            à itu berarti (-3 x -5) = 15, (positif 15).


Ayo diingat-ingat:

>   (+) x (+) = +

>   (+) x (-)  = -

>   (-)  x (+) = -

>   (-)  x (-)  = +

:

ü  Misalkan kamu punya pendapat benar, dan dibenarkan oleh ayahmu. Hasilnya sesuatu yang benar kan?

ü  Kalau pendapatmu salah, tapi dibenarkan ayahmu. Tentu itu tindakan yang salah.

ü  Kalau pendapatmu benar, tapi disalahkan ayahmu. Hasilnya salah atau benar?

ü  Nah, sekarang yang ini: pendapatmu salah dan disalahkan oleh ayahmu. Hasilnya ……… ?


Lebih jelas atau tambah bingung....?